Membuat List Keburukan Diri Sendiri

Bismillah..

Selalu berbenah,dimulai dari diri sndiri karena terkadang kita terlalu sibuk dengan menilai orang lain, apalagi emak-emak kalau sudah online entahlah apa saja nanti komentar yang keluar..hehhe..
Sejak kemarin saya mulai menempel list kebiasaan buruk di dinding kamar agar senantiasa terlihat, serta sebagai pengingat dan disebelahnya saya tempelkan solusinya juga..buat apa coba??hehe

Terkadang kita ketika diminta menilai keburukan/kekurangan orang lain sepertinya akan lebih jago, nah coba mari sekarang kita buat sndiri list keburukan diri kita sendiri..

Ini bisa menjadi sarana evaluasi/muhasabah agar diri kita menjadi lebih baik..

Tidak usah bersusah-susah melihat keburukan orang lain,karena semakin kita berusaha mencari kejelekan orang lain semakin sempitlah hati kita..dan akan semakin susah kita melihat kebaikan orang lain..

Muslim yg baik adalah yang dirinya bisa lebih baik dari hari kemarin, senantiasa memperbaiki diri..
Maka setelah membuat dftar list keburukan kita,maka cari solusi agar kebiasaan buruk itu bisa lepas dari kita..

Jadi mari sekarang kita mulai lihat kekurangan pada diri sendiri kemudian membuat solusinya..dan pada diri orang lain lihatlah kebaikan dan kelebihan mereka dahulu agar dari situ kita bisa lebih semangat belajar dan berfastabiqul khairat..

Maka mari kita memulai menilai diri kita sendiri sebelum menilai orang lain..

"Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar berada dalam kerugian. Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasihat menasihati supaya menaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran." (Q.S. Al-'Ashr 103 : 1-3)

Wallahu a'lam bishshawab.

Ambi ummu salman
Kep.selayar, 070416

#Semangatmenjadilebihbaik

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerbang Fitnah Terletak Pada Kematian Umar bin Khattab RA

KISAH ISTRI ABU LAHAB (UMMU JAMIL)

KISAH IBUNDA NABI MUSA