Mengajak anak berpuasa sebelum usia tamyiz, bolehkah??

Bismillah.. 

Sesungguhnya tidak ada batasan dalam usia dalam mengajarkan kebaikan kepada anak, dan tidak ada larangan dalam islam..
Bukan hanya dalam hal puasa tetapi juga kebaikan yang lain, ibadah-ibadah yang lain.. Seperti sholat, sedekah, halal-haram, dll..

Usia tamyiz anak menurut jumhur ulama adalah diusia 7 tahun, dimana anak sudah diperintahkan sholat dan di usia ini ia sudah bisa membedakan benar dan salah..

Tak perlu memperdebatkan usia berapa mulai dikenalkan suatu ibadah karena sesuatu yang baik harus sesegera mungkin dilaksanakan begitu mengetahui ilmunya. Karena menunda-nunda kebaikan sama halnya dengan memberi kesempatan dan ruang bagi syaiton untuk nengisinya.

Seperti dalam salah satu hadist, ketika Rasulullah Shallallahu 'Alaihi wa Sallam menyuruh para sahabat untuk berpuasa, mereka mengajak anak-anak kecil mereka berpuasa,

“Pada tanggal 10 Muharram, Rasulullah menyuruh orang-orang Anshar berpuasa. Mereka bercerita,”Maka kami sesudah itu berpuasa pada hari Asyura dan kamipun menyuruh anak-anak kecil kami untuk berpuasa, lalu kami pergi ke masjid dengan membuat mainan dari kapas untuk mereka. Jika salah seorang dari anak-anak itu ada yang menangis minta makan, kami beri dia mainan itu, hingga datang waktu berbuka.” (HR.Muslim)

Yang harus orangtua pahami adalah bahwa ini adalah fase pembiasaan dan latihan karena anak-anak belum memiliki beban syari'at untuk wajib puasa, jadi jika hasilnya tdk sesuai yang diinginkan maka harusnya orang tua tetap bersabar.. Pun jika anak tidak ingin berpuasa, orangtua tidak perlu memaksa..
Perkenalkan kepada mereka tentang apa itu puasa, mengapa berpuasa, keutamaan/pahalanya,adab-adabnya.. Tidak usah terlalu detail karena nanti fiqih diajarkan saat merekamasuk usia tamyiz.. Perknalkan dengan bahasa sederhana yang bisa mereka mengerti..

Al Hafidz Ibnu Hajar Rahimahullah berkata:"Dan di dalam hadist...mendisik mereka (anak-anak) kepada apa-apa yang bermanfaat dan melarang dari yang membahayakan mereka dan dari mengambil yang haram walaupun mereka belum mukallaf(baligh) agar mereka merenunginya." (Fathul Bari, 3/355)

Kedua, ciptakan suasana dan lingkungan ibadah yang nyaman untuk anak2 kita..

Saat mempraktekkan, apabila mereka tidak kuat..biarkan saja, izinkan mereka membatalkan puasanya..
Tapi jangan bilang kalau mereka sudah puasa setengah hari karena tidak ada syari'at puasa setengah hari.. Karena disebut puasa adalah menahan makan dan minum serta perkara yang membatalkannya dari terbit fajar hingga terbenam matahari..

Sampaikan hari ini ia belum berhasil puasa, tapi tetap apresiasi usahanya dan motivasi terus agar ia terbiasa berpuasa..
Bersabarlah selalu untuk membersamai mereka dalam pembelajaran ibadahnya, didiklah terus mereka sampai datang pada diri mereka beban syari'at yang wajib mereka jalankan kelak..

Allahu a'lam..

Ambi Ummu Salman

*hanya tulisan pribadi, jika ada salah murni dari kefakiran ilmu saya pribadi.. Jika benar maka datangnua dari Allah. Saya tidak membagi tips mengajak anak berpuasa karena sudah banyak sekali tips yang sangat menarik dan ahsan untuk dipraktekkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerbang Fitnah Terletak Pada Kematian Umar bin Khattab RA

KISAH ISTRI ABU LAHAB (UMMU JAMIL)

KISAH IBUNDA NABI MUSA