MENJADI IBU YANG DIRINDUKAN

Ada energi besar yang dimilki seorang wanita, dimana jika ini dimanfaatkan degan benar maka akan membuat perubahan ummat yang besar.

Kunci utama pengasuhan adalah Ibu harus dekat dengan anaknya, menjadi ibu yang dirindukan anaknya. Petaka pengasuhan pertama adalah ibu yang tak dirindukan, ibu kehilangan jiwa magnetnya. Maka Betah-betahlah dirumah, sebagai ibu rumah tangga. Tidak masalah jika kita bekerja diluar tapi tugas-tugas rumah tangga harus tetap jadi yang utama.

Anak betah diluar rumah nongkrong diluar, karena tidak betah dirumah tidak ingin dekat dengan ibunya. Salah satu sebab adalah tidak tercukupinya pelukan dan belaian dari ibu saat anak usia balita terutama saat 2 tahun pertama. Salah satunya saat proses pemberian ASI, jangan sampai terabaikan fase ini.

Jadilah ibu seperti yang digambarkan Rasulullah, ibu wanita subur yang mempunyai jiwa kasih sayang. Jadilah ibu yang memberi kenyamanan. Salah satu caranya adalah menjadi  contoh dan perilaku positif kita.
Berilah selalu emosi yang positif, jangan beri anak sampah emosi.
Ibu harus punya management emosi positif.

Ada 4 waktu yang harus dipunyai oleh ibu agar ibu terlatih jiwa positifnya :
1. Me time, bukan me time ala barat. Me time dengan tahajud, tilawah alquran, dzikir, me time dengan mendekatkan diri kepada Allah
2.  Couple time. Ibu harus punya waktu berbicara dengan pasangan,karena curhat dengan suami adalah salah satu hak istri. wanita yg sehat mengeluarkan 20ribu kata sehari
3.  Family time. Bersama keluarga inti, berjalan2 bersama atau quality yang mendekatkan satu sama lain.
4. Sosial time. Aktifitas-aktivitas organisasi tanpa melupakan tugas utama dirumah.
Tips menjadi ibu yang sehat :
1. Ibu harus pandai menulis. Iman nawawi mengatakan menulislah sebab menulis menentramkan jiwa. Maka ibu biasakan menulis dengan jujur, biarkan sampah emosi kita mengalir juga melalui tulisan bukan ke anak.
2. Selalu bawa aura positif

Ada 3 skill dasar yang harus dimiliki seorang Ibu, agar menjadi Ibu yang dirindukan :
1. Skill memasak, memasak memang bukan kewajiban ibu. Tapi salah satu yang membuat anak rindu pada ibunya adalah masakan ibunya.
2. Skill memijit. Memijit memberi makna sentuhan pada anak, karena  Anak butuh disentuh. Salah satu cara menjebol privasi anak dengan bercerita, maka skill memijit ini menjadi salah satu cara menjadi konselor  agar anak mudah bercerita.
3. Skill mendengar. Karena betapa banyak anak yang baru bercerita lantas dipotong sang ibu. Dengan teknik cicak. Karena saat anak bercerita Cuma butuh dipahami dan dibela, menasehati setelah anak siap maka cukup menjadi pendengar.

Dan yang perlu diingat Ibu jangan membuat aturan,jangan menjadi qowwam dalam rumah tangga karena yang harus menegakkan aturan adalah suami. Dan ibu tugasnya memberi kenyamanan, ayah yang menasehati dan menegakkan aturan.
Cara mendidik generasi terbaik adalah kembali pada asasnya dan melibatkan suami. Istri sebagai sekolah dan ayah sebagai kepala sekolah.

Allahu a’lam..
Resume dari kajian ustad bendri jaisyurrahman dengan judul yang sama “Menjadi Ibu yang Dirindukan”

Ambi Ummu Salman
26052016

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerbang Fitnah Terletak Pada Kematian Umar bin Khattab RA

KISAH ISTRI ABU LAHAB (UMMU JAMIL)

KISAH IBUNDA NABI MUSA