Saatnya Melahirkan Generasi Al Maidah 54

Bismillah..

Setelah Allah memunculkan ujian Al Maidah 51, dan bersambung kejadian sampai Al Maidah 53. Dan kita pun saat ini masih berproses menghadapinya. Saat ini umat Islam mulai menguatkan ikatannya dalam membela agama Allah. Dan akankan kita menjadi bagian dari kebangkitan umat ini?di barisan manakah kita akan berada?. Semoga kita adalah bagian dari kebangkitan itu. Maka Mari kita mulai dari keluarga, sebagai bagian terkecil dari kebangkitan itu.

Mari mulai dari keluarga kita, sebagai orang tua ini lah saat dimana kita menyambut dengan ikhtiar Al Maidah 54. Yaitu melahirkan generasi yang dijanjikan Allah, generasi yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintai Allah. Jika dahulu diriwayatkan bahwa generasi tersebut adalah Abu Bakar dan para Sahabatnya, maka Mari membuat sejarah ini terulang dan generasi terbaik itu lahir dari negara kita Indonesia.

Bagaimanakah kriteria Generasi Al Maidah 51 itu, mari kita tengok dari ayat tersebut :

{يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا مَن يَرْتَدَّ مِنكُمْ عَن دِينِهِ فَسَوْفَ يَأْتِي اللَّهُ بِقَوْمٍ يُحِبُّهُمْ وَيُحِبُّونَهُ أَذِلَّةٍ عَلَى الْمُؤْمِنِينَ أَعِزَّةٍ عَلَى الْكَافِرِينَ يُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ وَلَا يَخَافُونَ لَوْمَةَ لَائِمٍ ۚ ذَٰلِكَ فَضْلُ اللَّهِ يُؤْتِيهِ مَن يَشَاءُ ۚ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ} [المائدة : 54]
"Hai orang-orang yang beriman, barangsiapa di antara kamu yang murtad dari agamanya, maka kelak Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan merekapun mencintai-Nya, yang bersikap lemah lembut terhadap orang yang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir, yang berjihad dijalan Allah, dan yang tidak takut kepada celaan orang yang suka mencela. Itulah karunia Allah, diberikan-Nya kepada siapa yang dikehendaki-Nya, dan Allah Maha Luas (pemberian-Nya), lagi Maha Mengetahui."
(Qs. Al Maidah :54)

Allah SWT berfirman, mengabarkan kekuasaanNya yang Maha Agung, bahwasanya barang siapa yang berpaling dari membela agamaNya dan berpaling menegakkan syari'atNya, maka Allah akan menggantinya dengan orang yang lebih baik, lebih kuat, dan lebih lurus jalannya. Sebagaimana firman Allah : "Dan jika kamu berpaling, niscaya Allah akan mengganti(mu) dengan kaum yang lain, dan mereka tidak akan seperti kaum ini." (Qs. Al Muhammad : 38)

Allah akan mendatangkan suatu kaum yang Allah mencintai mereka dan mereka pun mencintainya. Bagaimanakah ciri kaum atau generasi ini, inilah kriteria Generasi Al Maidah 54 :

1. Yang bersikap lemah lembut terhadap orang-orang mukmin, yang bersikap keras terhadap orang-orang kafir.

Demikianlah sifat mukmin yang sempurna, yaitu bersikap merendahkan diri dan penuh kasih sayang kepada saudara-saudaranya dan para pemimpin mereka, tetapi bersikap tegas dan keras terhadap musuh-musuh mereka. Sebagaimana dalam firman Allah SWT : "Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengannya adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka." (Qs. Al Fatih :29)

2. Yang berjihad di jalan Allah.

Mereka tidak pernah mundur dari berbuat taat kepada Allah dan menegakkan hukum-hukumNya, juga memerangi musuh-musuhNya, serta menjalankan Amar ma'ruf nahi munkarnya.

3. Yang tidak takut kepada Celaan orang yang suka mencela.

Merek generasi yang ketika melakukan Amar ma'ruf nahi munkar, dalam melakukan hal itu tidak ada yang dapat menolak mereka dan menghalangi mereka, tidak cekaan seorang pencelahpun yang dapat menggoyahkan pendirian mereka.

Inilah kriteria Generasi yang memenangkan Agama Allah. Generasi Al Maidah 54. Akankan generasi itu lahir dari rajin-rajin kita para wanita Indonesia??

Semoga Allah perkenankan kita dan memberikan TaufikNya agar kita mampu melahirkan dan mendidik generasi Al Maidah 54 untuk menyongsong kebangkitan Islam.
Aamiin..

Allahu a'lam..

Ambi Ummu Salman
Depok,12/01/17

#GenerasiRabbani
#GenerasiAlMaidah54
#QuranicParenting

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerbang Fitnah Terletak Pada Kematian Umar bin Khattab RA

KISAH ISTRI ABU LAHAB (UMMU JAMIL)

KISAH IBUNDA NABI MUSA