Kebersihan Rasulullah SAW

Bismillah..
Mari mengajak anak kita mencintai  kebersihan di mulai dengan berkisah dari kehidupan Rasulullah...
Berikut kisahnya..

KEBERSIHAN RASULULLAH SAW

Rasulullah SAW sangat menyukai kebersihan, keharuman, dan keadaan yang baik, serta menginginkan itu. Suatu ketika, datanglah seorang laki-laki menemui Rasulullah SAW dalam keadaan tidak rapi. Rambut dan janggutnya terlihat kusut acak-acakan. Maka, Rasulullah SAW memberi isyarat agar laki-laki itu memperbaiki penampilannya. Orang itu segera pulang dan merapikan rambut serta janggutnya. Ketika ia bertemu Rasulullah SAW lagi. Beliau bersabda, " Bukankah begini lebih baik daripada seorang dari kami datang sedang rambut di kepalanya tidak rapi seperti setan?".

Jika Rasulullah SAW melihat orang berpakaian kotor, beliau bertanya, "Tidakkah orang ini menemukan sesuatu untuk mencuci pakaiannya?".

Ketika Hindun vinfi Utbah datang untuk melakukan sumpah setia, Rasulullah SAW bersabda, "Aku tidak mau membai'atmu sehingga kamu ubah telapak tanganmu. Keduanya seperti telapak binatang buas."
Walau Rasulullah SAW tidak menyentuh tangan wanita saat membaiat, namun beliau ingin umatnya tampak bersih. Beliau ingin kuku-kuku Hindun yang panjang hendaknya dipotong rapi. Sabda beliau, "Sesungguhnya Allah itu baik dan menyukai yang baik, bersih dan menyukai yang bersih, mulia dan menyukai yang mulia, dermawan dan menyukai yang dermawan. Maka, bersihkanlah halaman-halaman rumahmu dan jangan kami tiru orang-orang Yahudi."

Demikianlah, Rasulullah SAW menginginkan agar kita menjadi orang yang rela dengan apa yang ada dan menjadi orang yang dermawan, harum, dan bersih.

Allahu a'lam

Ambi Ummu Salman

Sumber : Muhammad Teladanku(Mute) Jilid 12, hal.10-11

#Muhammadteladaku
#Mute
#Satukeluargasatumute
#membumikansiroh

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerbang Fitnah Terletak Pada Kematian Umar bin Khattab RA

KISAH ISTRI ABU LAHAB (UMMU JAMIL)

KISAH IBUNDA NABI MUSA