Membiasakan Menyebut Dalil Saat Mendidik Anak

Bismillah..

Syaikh 'Utsaimin rahimahulloh mengatakan:
“Sebaiknya anak-anak diberikan pengetahuan tentang hukum-hukum sesuatu beserta dalil-dalilnya, misalnya: ketika kamu mengatakan kepada anakmu: “Bacalah BASMALAH saat akan makan, dan bacalah HAMDALAH saat kamu selesai makan!”, jika kamu mengatakan itu; maka maksud perintahnya sudah tercapai.

Tapi bila kamu mengatakan: “Bacalah BASMALAH saat akan makan, dan bacalah HAMDALAH saat kamu selesai makan, KARENA Nabi -shollallohu alaihi wasallam- menyuruh (kita) agar membaca basmalah sebelum makan, beliau juga mengatakan: ‘Sungguh Allah meridhoi seorang hamba yang memakan sesuap makanan dan dia membaca hamdalah karenanya, dan (seorang hamba) yang meminum seteguk minuman dan dia membaca hamdalah karenanya!”

Jika kamu melakukan hal ini, kamu akan mendapatkan 2 manfaat:

Pertama: Kamu membiasakan anakmu untuk mengikuti dalil.

Kedua: Kamu mendidik anakmu untuk mencintai Rosul -shollallohu alaihi wasallam-, dan bahwa Rosul -shollallohu alaihi wasallam- adalah seorang imam/pemimpin panutan yang wajib diikuti arahan-arahannya.

Dan hakekat ini banyak dilalaikan, kebanyakan orang mengarahkan anaknya kepada hukum-hukumnya saja, namun dia tidak mengaitkan arahan itu dengan sumbernya, yaitu: AlQur'an dan Assunnah.”

[Kitab: Al-Qoulul Mufid ala Kitabit Tauhid: 2/423].

Pun ketika menjawab setiap pertanyaan anak, apalagi anak di usia dini Usia, pakailah bahasa AlQur'an. Jawab semua pertanyaan anak dengan AlQur'an (jawab sesuai dengan ayat-ayat AlQur'an).
Misal anak bertanya darimana aku lahir kita bisa jawab dengan QS. 16:78, anak bertanya tentang bagaimana ada hujan bisa kita jawab dengan QS. 30:48, dan seterunya. Jika kita menemukan dalam hadist maka kita bisa menjawab dengan hadist yang tentunya shahih.
Jadikan AlQur'an dan AsSunnah sebagai jawaban atas segala pertanyaannya.

Mari Mendidik anak dengan AlQur'an dan AsSunnah, dengan lisan yang fasih dan shahih sebagaimana dicontohkan oleh uswatun hasanah kita Rasulullah Shallahu alaihi wa sallam.

Semoga Allah Ta'ala bimbing dan karuniakan taufikNya, agar kita dapat mendidik anak-anak kita sesuai dengan KehendakNya.

Allahu a'lam

Ambi ummu salman

Komentar

  1. Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,
    bagimana kalo orang tua yg Masih belum banyak perbendaharaan hadits dan ayat" Qur'an umm? apakah kita perlu minta waktu untuk menjawab kepada Anak dilain waktu, atau langsung membuka Qur'an dan menjawabnya?,mohon pencerahannya

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum warrahmatullahi wabarakatuh,
    bagimana kalo orang tua yg Masih belum banyak perbendaharaan hadits dan ayat" Qur'an umm? apakah kita perlu minta waktu untuk menjawab kepada Anak dilain waktu, atau langsung membuka Qur'an dan menjawabnya?,mohon pencerahannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerbang Fitnah Terletak Pada Kematian Umar bin Khattab RA

KISAH ISTRI ABU LAHAB (UMMU JAMIL)

KISAH IBUNDA NABI MUSA