Saat Salman Marah

Bismillah..

Seperti anak-anak lainnya, salman juga memiliki perasaan marah, yang pernah berujung pada tantrum atau keingingan yang tidak terungkapkan oleh dia sehingga membuat perasaannya tidak nyaman..
Maka ketika dia sedang menangis tantrum atau sejenisnya, saya meletakkan tangan saya di dadanya sambil mengajaknya berdoa..

Pertama,  Saya bacakan istighfar, taawudz lanjut berdoa dan meletakkan tangan kanan saya didada salman..
Ya Allah ya Rahman ya Rahim ampunilah kami, lembutkanlah hati kami dan berilah kelapangan hati pada kami, terkhusus untuk anakuku salman (baca berulang dua atau 3x)...Kabulkan doa kami ya Allah..aamiin.. (kadang tidak persis seperti itu kalimantnya).

Biasanya salman akan mengamini, dan ikut istighfar.. Kadang dia juga cuma diam, tapi dia menjadi lebih tenang..
Kemudian saya lanjut dengan memeluknya dan menanyakan perasaan atau keinginannya..

Namun jika tetap berlanjut dalam beberapa menit, saya akan membiarkan sebentar kemudian menawari dia untuk berwudhu,  dan kami pun berangkat berwudhu
Selesai berwudhu baru kami berkomunikasi kembali tentunya dengan pelukan lagi :)

Ya kira-kira seperti itulah saat kami bersama mengatasi hatinya yang gundah#tsaahh😅

Alhamdulillah sekarang salman mulai berusaha mengatasi rasa marahnya sendiri, walaupun kadang masih terlihat bingung sendiri..
Setidaknya dia mulai mengucapkan istighfar atau taawudz sendiri saat perasaannya tidak nyaman.
Dan terkadang dia berdoa sendiri, kalau bingung dia biasa minta tolong bundanya untuk mendoakan.." bunda..doa caman..".
Dan begitulah seterusnya.. Sampai hari ini kami masih belajar bersama, karena mengendalikan marah tidak mudah memang, kita saja yang dewasa masih sering kecolongan apalagi anak-anak yang blum bisa betul mengenali emosinya..
Maka bunda yang mendampingi harus selalu punya stok sabar ya lebih.. 😊

Allahu a'lam yang saya lakukan benar atau salah, tapi saya yakin bahwa yang menggenggam hati anak saya adalah Allah.. Maka segala upaya saya dengan teknis sedetail apapun tidak akan berguna jika Allah tidak menggerakkan hati anak saya.. Itulah mengapa meminta pertolongan Allah adalah kuncinya..

Allahu a'lam..

Ambi Ummu Salman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerbang Fitnah Terletak Pada Kematian Umar bin Khattab RA

KISAH ISTRI ABU LAHAB (UMMU JAMIL)

KISAH IBUNDA NABI MUSA