Ajarkan dengan Lugas

Bismillah...

Menyambung pengejaran akidah dengan membuat anak jatuh cinta pada Allah, ada hal lain yang juga penting untuk kita terapkan pada anak kita..
Yaitu LUGAS dalam menyampaikan..hal-hal yang berkaitan dengan AKIDAH harus disampaikan dengan verbal yang jelas dan lugas, bukan dengan malu-malu ataupun canggung..

Orangtua yang malu-malu mengajarkan akidah kepada anak karena merasa.."ah tidak umum, masih umur segini ntar juga dia ngerti sendiri".."ah nanti dulu anak-anak masih masanya bermain,tunggu nanti dia sekolah"..dan segudang alasan lainnya..
Ya anak-anak memang masanya bermain, dunianya bermain..tapi mereka tidak diciptakan hanya untuk bermain..mereka memang tetap harus bermain tapi bukan menghabiskan waktu untuk bermain, mereka sama dengan kita diciptakan untuk menyembah Allah SWT..
Maka pendidikan akidah sudah harus diberikan kepada anak kita sedini mungkin..kenapa??karena AKIDAH YANG BENAR AKAN MEMANCARKAN AKHLAK YANG MULIA..
maka kokohkan akidahnya..tentunya tetap dalam nuasa cinta bukan menebar ketakutan pada anak..

sikap malu dan canggung kita dalam mengajarkan akidah pada anak akan berdampak pula kepada anak, ia akan menjadi generasi yang canggung menunjukkan identitas agamanya, ia bukan dengan bangga menunjukkan bahwa "hey saksikan bahwa aku seorang muslim", ia akan malu-malu membela agamanya..
Ketika agamanya dihina, ia masih memiliki ghiroh tapi ia menutupinya karena malu atau canggung ketika hendak menunjukkan sikapnya..ia merasa asing jika bergerak karena ia melihat banyak temannya mencemooh sikapnya,akhirnya jadilah ia memilih diam..
Lihatlah sekarang itu banyak kita temukan di generasi muda kita..

Ajarkan akidah dengan verbalitas yang jelas dan lugas..contohlah dialog-dialog Rasulullah bersama para sahabat karena Rasulullah adalah guru terbaik dalam mendidik anak-anak kita.. contohlah dialog-dialog lukman..Dan para shalafussalih..

Allahu a'lam..

#SelfReminder
#IslamicParenting
#MendidikAnakdenganAlQuran
#AksiBelaIslamSelamanya
#BelaQuran

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerbang Fitnah Terletak Pada Kematian Umar bin Khattab RA

KISAH ISTRI ABU LAHAB (UMMU JAMIL)

KISAH IBUNDA NABI MUSA