Mendekatkan Anak dengan Sunnah Nabi

1. Ketika engkau menyisir rambut putramu, maka sampaikan kabar padanya bahwa engkau melakukan itu karena Nabi bersabda, "Barangsiapa memiliki rambut maka hendaklah ia memuliakannya."

2. Ketika engkau memberikan wewangian pada tubuh putramu, maka sampaikan padanya bahwa engkau melakukan itu karena mengikuti Nabi yang bersabda, "Dijadikan indah untukku dari dunia kalian parfum dan wanita. Dan dijadikan penyejuk mataku dalam shalat."

3. Ketika engkau menghantar putramu ke sekolah, maka ingatkan ia akan sabda Nabi bahwa, "Barangsiapa meniti jalan untuk mencari ilmu maka Allah akan memudahkan jalan baginya ke surga."

4. Ketika engkau tersenyum pada putramu, maka sampaikan sabda Nabi, "Senyummu kepada saudaramu adalah sedekah."

5. Ketika engkau memuji putramu, maka kabarkan padanya bahwa Nabi bersabda, "Dan kata-kata yang baik itu bernilai sedekah."

6. Ketika engkau mengajaknya duduk di majelis yang didalamnya ada orang-orang tua, maka ajari ia untuk menghormati orang yang lebih tua karena mengikuti Nabi yang bersabda, "Bukan golongan kami orang yang tidak menyayangi anak yang lebih muda dan tidak menghormati orang yang lebih tua."

Demikianlah seharusnya kita mengaitkan perilaku kita dan anak kita dengan sunnah dan Siroh Nabi, serta mengenalkan hadits-hadits yang mulia.

Oleh: Ust. Herfi Ghulam Faizi, Lc

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerbang Fitnah Terletak Pada Kematian Umar bin Khattab RA

KISAH ISTRI ABU LAHAB (UMMU JAMIL)

KISAH IBUNDA NABI MUSA