Agar Anak Mencintai Masjid (Bagian 2)

Bismillah..

Membuat anak cinta masjid salah satunya adalah dengan banyaknya intensitas/frekuensi anak berkegiatan di masjid, tidak harus menunggu waktu sholat wajib untuk mengajak anak ke masjid..apalagi untuk anak usia 0-5 tahun yang belum bisa diam untuk mengikuti sholat atau belum mengerti aktifitas sholat itu sendiri sehingga jika anak hanya diajak saat sholat saja bisa jadi juga akan mengurangi kenyamanan jamaah sholat karena seperti kita ketahui saat ini memang tidak semua masjid ramah anak. Maka jika nanti ketika sudah agak paham,baru bisa kita beritahu boleh bermain di teras masjid setelah sholat.

Nah sambil menunggu waktu anak mengerti dan paham kapan main dan kapan sholat, kita bisa mengganti aktivitas ke masjid di lain waktu dan dengan kegiatan yang berberda. Salah satunya dengan mengajak anak bermajelis ilmu di masjid dan juga "kunjungan masjid".
Kunjungan masjid ini harus diagendakan khusus oleh keluarga, maka menjadikan masjid sebagai bagian dari pendidikan rumah kita.

Anak kecil suka sekali berpetualang, termasuk keluar rumah. Manfaatkan hal ini untuk mengajak anak kita jalan-jalan ke masjid. Awalnya tentu anak-anak senang karena ingin melihat hal-hal baru, lambat laun mereka akan terbiasa dan senang pergi ke masjid meski pada shalat tertentu dahulu. Ini bisa menjadi pembiasaan awal sebelum ia akan rutin ke masjid, karena cinta ada karena biasa.

Jadi jangan hanya mengagendakan jalan-jalan atau liburan keluarga ke mall,taman,kebun binatang,dan tempat rekreasi pada umumnya tapi agendakan waktu khusus untuk aktivitas bersama di masjid untuk liburan atau jalan-jalan keluarga.
Sehingga anak akan berbunga-bunga hatinya ketika ke masjid bukan ke mall dan lebih jauh lagi ketika dewasa mereka bukan menjadi generasi pemakmur mall tapi mereka menjadi generasi pemakmur masjid-masjid Allah.

Apa yang dilakukan di masjid?,bercengkrama satu sama lain, membaca cerita buku,berkisah/mendongeng, bermain bersama anak(tentunya permainan yang ramah untuk lingkungan masjid), sambil membawa bekal makanan ringan atau sesuatu yang membuat anak kita nyaman.
Tentunya kita harus survey dulu mana-mana masjid yang ramah anak dan nyaman yang bisa kita kunjungi untuk kegiatan keluarga kita...
Alhamdulillah saat ini semakin banyak masjid ramah anak jadi kita tidak akan terlalu pusing memikirkan ini..

Mari jadikan masjid sebagai bagian dari pendidikan anak kita, karena masjid adalah pusat peradaban..
Semoga dengan kecintaan anak-anak kita pada masjid Rumah-Rumah Allah maka mereka akan bersemangat memakmurkan masjid-masjid di negeri ini serta menjadi bagian Bangkitnya Peradaban dan kejayaan Islam.
Aamiin...

"Barangsiapa pergi pagi hari ke masjid, atau petang hari. Akan Allah sediakan baginya tempat di surga, setiap kali dia pergi (dipagi atau petang hari).
HR. Bukhari dan Muslim

Allahu a'lam..
Semoga bermanfaat :)

Ambi Ummu Salman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerbang Fitnah Terletak Pada Kematian Umar bin Khattab RA

KISAH ISTRI ABU LAHAB (UMMU JAMIL)

KISAH IBUNDA NABI MUSA