Surga Yang Dirindukan

Bismillahirrahmanirrahim..
Menjadikan Rumah Layaknya Surga
(15 Perilaku Penduduk Surga)

Setiap Muslim sejatinya memiliki kerinduan terhadap surga, hatinya senantiasa terpaut dengan surga sehingga mendorongnya untuk senantiasa mencari cara agar kembali ke surga Allah.

Kerinduan terhadap surga bisa meliputi 2 hal :
1. Kerinduan terhadap suasana di surga.
Seperti kisah orang habasyah yang bertanya tentang surga kepada Rasulullah, yang dikabarkan dalam QS. Al Insan :1-20.

2. Kerinduan terhadap sang pemilik surga yaitu Allah SWT
▶Al Kahfi :110
"Katakanlah (Muhammad), Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang telah menerima Wahyu, bahwa sesungguhnya Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa. Maka barangsiapa mengharap pertemuan dengan Tuhannya maka hendaklah dia mengerjakan kebajikan dan janganlah dia menyekutukan dengan sesuatu pun dalam beribadah kepada Tuhannya."

▶kerinduan tertinggi seorang muslim adalah kerinduan melihat wajah Allah.
Rasulullah mengajarkan doa memohon kenikmatan memandang wajah Allah

اللهم بعلمك الغيب وقدرتك على الخلق أحيني ما علمت الحياة خيرا لي وتوفني إذا علمت الوفاة خيرا لي اللهم وأسألك خشيتك يعني في الغيب والشهادة وأسألك كلمة الحكم في الرضى والغضب وأسألك القصد في الفقر والغنى وأسألك نعيما لا يبيد وأسألك قرة عين لا تنقطع وأسألك الرضى بعد القضاء وأسألك برد العيش بعد الموت وأسألك لذة النظر إلى وجهك والشوق إلى لقائك في غير ضراء مضرة ولا فتنة مضلة اللهم زينا بزينة الإيمان واجعلنا هداة مهتدين

"Ya Allah, dengan pengetahuan-Mu terhadap yang ghaib dan kekuasaan-Mu atas semua makhluk, hidupkanah aku selama Engkau tahu kehidupan itu lebih baik bagi ku, dan matikanlah aku jika Engkau tahu kematian itu lebih baik bagiku. Ya Allah, sesungguhnya aku memohon rasa takut kepadaMu di saat sendiri maupun dalam keadaan terang-terangan, aku memohon perkataan yang benar dalam keadaan baik maupun marah, aku memohon kesederhanaan, baik dalam keadaan fakir maupun kaya, aku memohon kenikmatan yang tak akan habis, dan aku memohon penyejuk hati yang tak pernah berakhir. Aku memohon keridhoan atas ketetapanMu, aku memohon ketentraman setelah kematian, dan aku memohon kenikmatan memandang wajah-Mu, dan kerinduan bertemu dengan-Mu, bukan dalam kesusahan yang mebinasakan dan cobaan yang menyesatkan. Ya Allah, hiasilah kami dengan hiasan iman dan jadikanlah kami termasuk orang-orang yang memberi dan diberi petunjuk.”
(HR. An-Nasai, Ahmad dan lainnya).

Rumah tangga surga yang bersuasana surga akan membuat orang selalu ingin pulang kembali ke rumah (rumah menjadi magnet bagi penghuninya).

Rumah tangga surga adalah rumah yang memiliki suasana surga dan menciptakan kerinduan terhadap pemilik atau penghuninya.

Rumah surga adalah benteng bagi virus-virus dunia yang merusak keluarga. Jika benteng ini rusak maka anak akan mencari surga-surga yang lain di luar rumah. Oleh karena itu salah satu indikator rumah tangga surga adalah rumah yang selalu dirindukan, dan penghuninya ingin selalu cepat pulang dan betah di rumah.

Agar rumah menjadi surga yang dirindukan, caranya adalah mencari tahu apa saja aktifitas penghuni surga.
Pada pertemuan sebelumnya telah dibahas 5 aktifitas penghuni surga :
1. Penghuni surga senang mengucapkan salam
2. Tidak ada kedzoliman atau kekerasan [menjaga lisan dan tangan agar tidak menyakiti]
3. Tidak mengungkit-ungkit kesalahan / tidak ada dendam
4. Suka duduk berhadapan / ngobrol
5. Tidak suka berdusta(saling jujur dan terbuka)

Pada kajian kali ini akan dibahas kelanjutan 5 aktifitas lainnya dari penghuni surga, diantaranya :

6. Senantiasa Gembira dan ada tawa
" Masuklah kamu ke dalam surga, kamu dan pasanganmu akan digembirakan".(43:70)
"Mereka bersuka ria dengan apa yang diberikan Tuhan kepada mereka ; dan Tuhan memelihara mereka dari azab neraka".(52:17)
"Pada hari itu ada wajah-wajah yang berseri-seri. Tertawa dan gembira ria". (80:38-39)

Menghibur keluarga adalah pekerjaan mulia. Maka salah satu indikator rumah tangga surga adalah jika pandangannya dan anak-anaknya banyak gembira dan tertawa ketika di rumah.

Tipsnya adalah Taklukkan rasa bosan, dengan melakukan banyak variasi kesenangan bersama-sama. Karena hidup itu harus dinamis seperti kata Rasulullah sa'atan..sa'atan..
Dan tahukah kita bahwa sebagian besar korban pornografi adalah anak-anak yang boring/bosan karena anak yang bosan gampang diiming-imingi. Maka taklukkan rasa bosan dalam Rumah tangga kita.

7. Tidak ada kalimat negatif ➡ senang memuji
"Disana mereka tidak mendengar percakapan yang sia-sia maupun yang menimbulkan dosa". (56:25).

Dalam Shahih Muslim dari Anas bin Malik Rhadiyallahu 'anhu, Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Sesungguhnya di surga itu benar benar ada sebuah pasar yang mereka datangi setiap hari Jum'at. Di waktu itu bertiuplah angin utara menerpa wajah dan pakaian mereka, maka mereka bertambah elok dan tampan. Lalu mereka pulang kepada keluarga masing masing setelah tampak makin elok dan tampan. Keluarga mereka berkata, 'Demi Allah, kamu benar benar taak lebih elok dan tampan setelah meninggalkan kami.' Dia menjawab, 'Dan kamu pun demikian pula, demi Allah, tampak lebih elok dan cantik setelah kami tinggalkan." (HR. Muslim).

8. Selalu berdoa dan berdzikir
"Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, niscaya diberi petunjuk oleh Tuhan karena keimanannya. Mereka di dalam surga yang penuh kenikmatan, mengalir di bawahnya sungai-sungai. Do'a mereka di dalamnya ialah, "subhanakallahumma"(Maha suci Engkau, ya Tuhan kami), dan salam penghormatan mereka ialah, "salam"(salam sejahtera) dan penutup doa mereja ialah, "AlhamdulillahiRabbil'aalamiin"(segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam)." (10: 9-10)

Ingatkan selalu anggota keluarga bahwa visi utama kita adalah terkumpul di surga (At Thur:21) dan terhindar dari api neraka (At Tahrim :6)

Dosa akan mengeringkan cinta
Semakin banyak dosa/maksiat yang kita kerjakan, maka potensi tercerabutnya cinta dalam hati kita akan semakin besar. Karena sejatinya cinta itu adalah makhluk Allah yang jika Allah berkehendak tumbuh maka tumbuhlah ia dan dengan kehendak Allah pula cinta itu akan tercabut. Allah lah yang menyatukan hati manusia.

"Dan Dia (Allah) yang mempersatukan hati mereka (orang yang beriman). Walaupun kamu menginfakkan semua (kekayaan) yang berada di bumi, niscaya kamu tidak dapat mempersatukan hati mereka, tetapi Allah telah mempersatukan hati mereka. Sungguh, Dia Maha perkasa lagi Maha bijaksana." (8:63)

9. Tidak ada teriakan ➡ Berbicara lembut
▶ Teriak itu sifat ahli neraka (35:37)
▶ Berlaku lembut adalah ciri penghuni surga.
"Ahli (penghuni) surga itu ada 3 orang : orang yang memiliki kekuasaan, adil dan diberi petunjuk (Muwaffiq), seorang yang pengasih dan berhati lembut kepada setiap kerabat dekatnya dan setiap Muslim, dan orang yang menjaga kehormatan dan (senantiasa) menjaga kehormatannya padahal ia memiliki kebutuhan untuk keluarganya." (HR. Muslim).
Dalam setiap kelembutan itu ada CINTA

10. Selalu Bersyukur, tidak suka berkeluh kesah
"Dan mereka berkata, " Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kesedihan dari kami. Sungguh, Tuhan kami Maha pengampun, Maha Mensyukuri, yang dengan karuniaNya menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga); di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu." (35:34-35)

▶ Tegakkan lah sholat untuk mengerem syahwat karena sholat yang benar anak membuat orang menjadi bersyukur.
"Sungguh, manusia diciptakan bersifat suka mengeluh. Apabila dia ditimpa kesusahan dia berkeluh kesah, dan apabila mendapat kebaikan (harta) dia jadi kikir, kecuali orang-orang yang melaksanakan sholat. Dan mereka yang tetap setia melaksanakan sholat." (70:19-23)

11. Merasa tenang dan tidak terburu-buru
"Wahai jiwa yang tenang! Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang ridho dan ridhoiNya. Maka masuklah ke dalam golongan hamba-hambaKu, dan masuklah ke dalam surgaKu.(Qs. Al Fajri : 27-30)

Hakikat dari sakinah adalah tenang dan tidak terburu-buru atau gelisah.

Bumi ini merupakan tempat merantau (mencari berkah) bagi manusia dan tempat kembali (mudik) yang sesungguhnya adalah ke surga. Surga sesuai dengan fitrah manusia, mengapa demikian?, Karena manusia memiliki keinginan tidak terbatas dan surga memiliki fasilitas yang tak terbatas yang dapat memenuhi keinginan manusia sedangkan dunia ini penuh dengan keterbatasan.

Manusia akan kembali ke surga dengan hati yang lapang dan luas (Nafsul Muthmainnah), maka sifat ini lah yang harus kita bawa dalam keluarga kita.
Biasakan bersikap tenang di rumah. Tidak terburu-buru dalam bertindak agar tercipta rumah tangga surga.

12. Tidak suka bertengkar

surga adalah tempat yang penuh kedamaian, sedangkan neraka adalah tempat permusuhan dan pertengkaran.
Kebiasaan penduduk neraka adalah bertengkar dan berbantah-bantahan.
"Sungguh, yang demikian benar-benar terjadi, (yaitu) pertengkaran di antara para penghuni neraka." (Qs. Shaad :64)

Suasana di neraka saling menyalahkan.
Allah berfirman: "Masuklah kamu sekalian ke dalam neraka bersama umat-umat jin dan manusia yang telah terdahulu sebelum kamu. Setiap suatu umat masuk (ke dalam neraka), dia mengutuk kawannya (menyesatkannya); sehingga apabila mereka masuk semuanya berkatalah orang-orang yang masuk kemudian di antara mereka kepada orang-orang yang masuk terdahulu: "Ya Tuhan kami, mereka telah menyesatkan kami, sebab itu datangkanlah kepada mereka siksaan yang berlipat ganda dari neraka". Allah berfirman: "Masing-masing mendapat (siksaan) yang berlipat ganda, akan tetapi kamu tidak mengetahui".(Qs. Al A'raf :38)

Hal-hal perlu diingat dalam hal ini adalah:
1. Jangan pernah mendebat orang yang sedang marah. Jika seseorang sedang marah cukup dengarkan.
2. Wanita atau seorang ibu yang sering marah terhadap anaknya adalah salah satu wujud ketidak bahagiakan istri terhadap suami.
3. Wanita cenderung lebih banyak bicara dan lelaki cenderung diam.

13. Banyak Melakukan Aktivitas Bersama Pasangan

Rasulullah bersabda :
"Di surga tidak ada lajang dan sendirian." (HR. Muslim)

Maka setiap melakukan sesuatu atau aktivitas dalam rumah tangga dasarnya adalah keKITAan bukan keAKUan.

14. Melakukan Aktivitas Seksual Rutin
"Sesungguhnya penghuni surga pada hari itu bersenang-senang dalam kesibukan (mereka). Mereka dan pasangan-pasangannya berada dalam tempat yang teduh, bersandar di atas dipan-dipan." (Qs. Yaasin :55-56)

▶ Makna bersenang-senang dalam kesibukan dalam Tafsir Ath Thabari dan Ibnu Katsir adalah bersetubuh seraya memecahkan keperawanan para bidadari.

▶ Salah satu indikator bermasalahnya sebuah rumah tangga adalah mulai berhentinya aktivitas rutin (seksual).

15. Senang Menjalin Silaturahim kepada Sanak Famili

Dari Buraidah Rhadiyallahu 'anhu, dari Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : "Di dalam surga ada kamar-kamar yang luarnya terlihat dari dalamnya dan dalamnya terlihat dari luarnya. Allah menyediakan nya untuk orang-orang yang saling mencintai karena Allah, saling mengunjungi karena Allah dan saking memberi karena Allah (HR. Thabrani di dalam Al Ausath)

Penduduk surga suka bersilaturami, maka ajaklah anggota keluarga untuk bersilaturahim secara rutin kepada keluarga dan karib kerabat kita.

Allahu a'lam..

Ambi Ummu Salman

*Resume KAP ketahanan keluarga di Masjid UI Depok bersama Ustadz Bendri Jaisyurrahman

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Gerbang Fitnah Terletak Pada Kematian Umar bin Khattab RA

KISAH ISTRI ABU LAHAB (UMMU JAMIL)

KISAH IBUNDA NABI MUSA